ISDA 2021 Dorong Perusahaan Berkontribusi Capai Target SDGs

AJANG penghargaan Indonesian SDGs Award (ISDA) 2021 akan menjadi stimulan bagi korporasi di Indonesia untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Ajang yang akan berlangsung pada Agustus itu merupakan hasil kerja sama Corporate Forum for CSR Development (CFCD) dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

“Dengan penghargaan yang diterima maka dapat mendorong sebuah korporasi untuk berupaya secara sungguh-sungguh berperan didalam peningkatan kualitas hidup masyarakat dan pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan,” kata Ketua Umum CFCD Thendri Supriatno dalam peluncuran ISDA 2021, Kamis (8/4).

Thendri menambahkan, dengan adanya komitme atas SDGs sebagai tindak lanjut dari Millenium Development Goals (MDGs), maka pemimpin bisnis secara global maupun di Indonesia juga dapat beradaptasi dan berkomitmen untuk berpartisipasi pada tujuan pembangunan berkelanjutan.

Koordinator Pengawasan Eksplorasi Mineral Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Andri Budiman Firmanto mengatakan, anugerah ISDA dapat mendorong dan meningkatkan pelaku usaha tambang untuk lebih berbagai kepada masyarakat disekitar lokasi pertambangan.

Hal senada diamini Asisten Deputi bidang tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Agus Suharyono. Menurutnya, ISDA memiliki dampak positif bagi perusahaan dan masyarakat seikitar.

“Untuk memberdayakan masyarakat disekitar korporasi bahkan di tahun 2021, Kementerian BUMN akan mengajak seluruh perusahaan dibawah BUMN untuk belajar CSR paradigma baru yang telah menerapkan ISO 26000”, ungkap Agus.

ISDA 2021 mengambil tema Peran Serta Korporasi dan Stakeholders Dalam Pembangunan Berkelanjutan Untuk Kesejahteraan Bangsa. Ketua Tim Penilai ISDA 2021 Hardinsyah mengatakan, ada 3 kategori yang diperlombakan dalam ISDA 2021, yaitu kategori SDGs korporasi yang berisi 17 goals dan 34 program, kategori CSR/CID program yang berisi 16 goals dan 30 program.

“Terakhir kategori perseorangan dengan 4 level yang meliputi level direksi, level general manager, level manager serta level mitra/local hero,” pungkasnya. (RO/OL-7)

Sumber: m.mediaindonesia.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *